SD Muhammadiyah 2 Kauman: Penerapan 8 SNP

WELCOME@SD Muhammadiyah 2 Kauman Kota Surakarta

Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi 1. Pelaksanaan Kurikulum berdasarkan KTSP
2. Melibatkan pihak terkait dalam pengembangan kurikulum
3. Kurikulum dikembangkan dengan prinsip pengembangan KTSP
4. Pengembangan kurikulum melalui mekanisme penyusunan KTSP
5. Kurikulum dilaksanakan dalam bentuk pengajaran berdasarkan prinsip pelaksanaan KTSP
6. Menyusun silabus mata pelajaran muatan lokal dengan melibatkan pihak terkait
7. Program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling dan ekstrakurikuler
8. Menjabarkan SK dan KD ke dalam indikator untuk setiap mata pelajaran
9. Menerapkan pembelajran sesuai dengan ketentuan dalam Permendiknas Nomor 22 tahun 2006
10. Mengalokasikan waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri kepada siswa
11. Mengembangkan KTSP sesuai acuan yang ada
12. Menyusun dan mengembangan silabus untuk setiap mata pelajaran
13. Menentukan KKM setiap mata pelajaran dengan mengacu pada pedoman
14. Membuat dan menyusun kalender akademik
1. .......................
2. .......................
3. .......................
2
Standar Proses 1. Setiap mata pelajaran memiliki RPP
2. Penyusunan RPP memenuhi 6 prinsip
3. Proses pembelajaran memenuhi persyaratan yang ditentukan dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
4. Pelaksanaan pembelajaran tematik untuk kelas I & II
5. Pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran untuk kelas IV - VI
6. Supervisi proses pembelajaran dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan dan konsultasi
7. Evaluasi terhadap guru dalam proses pembelajaran dilakukan KS dengan memperhatikan 4 aspek pokok
8. Pelaporan pengawasan proses pembelajaran kepada stakeholder
9. Tindak lanjut hasil pengawasan proses pembelajaran
1. Pembelajran tematik kelas III
2. .......................
3. .......................
4. .......................
3
Standar Kompetensi Lulusan 1. Kegiatan belajar siswa berkaitan dengan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
2. Kegiatan belajar siswa berkaitan dengan menunjukkan rasa keingintahuan dan sadar potensi diri
3. Kegiatan belajar siswa berkaitan dengan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
4. Penggunaan berbagai fasilitas oleh siswa dalam memperoleh pengalaman belajar
5. Kegiatan belajar siswa berkaitan dengan kegemaran membaca dan menulis
6. Kegiatan belajar siswa berkaitan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik
7. Kegiatan seni dan budaya lokal
8. Kegiatan siswa untuk mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
9. Kegiatan belajar siswa untuk menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, Negara dan tanah air Indonesia
10. Kegiatan belajar siswa untuk menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
11. Kegiatan belajar siswa untuk menjalankan ajaran agama
12. Kegiatan belajar siswa untuk menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan gologan sosial ekonomi di lingkungan sekitar
13. Kegiatan belajar siswa untuk bekerja sama dalam kelompok, tolong menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
14. Kegiatan belajar siswa berkaitan dengan pemecahan masalah-masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
15. Kegiatan belajar siswa untuk berkomunikasi baik lisan maupun tertulis
16. Kegiatan terkait dengan kemampuan memperoleh ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung
17. Membuat rata-rata hasil UASBN setiap siswa
1. .......................
2. .......................
3. .......................
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan 1. Pendidik latar belakang S1
2. Guru berlatar belakang pendidikan sesuai dengan yang diajarkan
3. Guru memiliki kompetensi pedagogic sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
4. Guru memiliki kompetensi kepribadian
5. Guru berkomunikasi secara efektif empatik dan santun dengan sesame pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat
6. Guru memiliki kesehatan jasmani dan rohani untuk menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya
7. Kepala sekolah berstatus sebagai guru, memiliki sertifikat pendidik dan SK sebagai Kepala sekolah
8. Kepala sekolah memiliki klasifikasi akademik S1
9. Kepala Sekolah memiliki pengalaman mengajar lebih dari 5 tahun
10. Kepala Sekolah memiliki kompetensi kepribadian
11. Kepala Sekolah memiliki kemampuan manajerial cukup baik
12. Kepala Sekolah memiliki kemampuan kewirausahaan yang ditunjukkan antara lain adanya koperasi sekolah dan kantin sekolah
13. Kepala Sekolah memiliki kemampuan bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah
14. Kepala Sekolah melakukan supervisi dan monitoring
15. Memiliki tenaga administrasi dengan kualifikasi akademik pendidikan menengah
16. Memiliki tenaga perpustakaan
17. Memilki tenaga layanan khusus
1. .......................
2. .......................
3. .......................
4. .......................
5
Standar Sarana dan prasarana 1. Luas lahan sekolah : 1191 m2 Banyaknya rombongan belajar 18 (delapan belas)

2. Lahan sekolah berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah dan kebisingan
3. Sekolah berada di lokasi yang sesuai dengan peruntukan memiliki status atas tanah, ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah dan ijin mendirikan bangunan.
4. Bangunan sekolah memiliki struktur yang stabil dan kokoh serta dilengkapi dengan sistem pencegahan kebakaran dan petir
5. Bangunan sekolah memiliki instalasi listrik dengan daya 15.600 watt
6. Sekolah memiliki ijin mendirikan bangunan dan ijin penggunaan bangunan sesuai dengan peruntukannya sebelum bangunan berdiri.
7. Sekolah melakukan pemeliharaan secara berkala baik pemeliharaan ringan maupun berat terhadap bangunan sekolah
1. Pembangunan ruang perpustakaan, ruang UKS, ruang laboratorium IPA dan sarananya, serta ruang kelas tambahan
2. Pembangunan ruang pimpinan dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
3. Menyediakan tempat bermain/berolahraga dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
6
Standar Pengelolaan 1. Sekolah telah merumuskan dan menetapkan visi dan misi lembaga
2. Menyusun dan membuat rencana kerja jangka menengah (empat tahun) dan . rencana kerja tahunan
3. Memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan
4. Menyusun struktur organisasi dan pembagian tugas.
5. Pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah sesuai rencana kerja tahunan.
6. Melaksanakan Kegiatan kesiswaan, pengembangan kurikulum dan pembelajaran, pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
7. Pengelolaan program sarana dan prasarana pembelajaran.
8. Pengelolaan program keuangan dan pembiayaan sekolah
9. Membuat berbagai program untuk menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran kondusif
10. Melibatkan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain dalam penegelolaan pendidikan
11. Membuat program pengawasan yang disosialisasikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan
12. Pelaksanaan kegiatan evaluasi diri kinerja sekola,
13. Pelaksanaan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
14. Persiapan bahan dan / atau kebutuhan akreditasi
15. Kepala Sekolah melaksanakan Tupoksi kepemimpinan sesuai standar yang ditentukan
16. Memiliki sistem informasi manajemen (SIM) untuk mendukung administrasi pendidikan dengan fasilitas dan petugas khusus
1. Merumuskan tujuan lembaga
2. .......................
3. .......................
4. .......................
5. .......................
7
Standar Pembiayaan 1. Membuat catatan tahunan tentang investasi sarana dan prasarana secara menyeluruh
2. Biaya pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah
3. Anggaran untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan
4. Anggaran untuk pembayaran gaji, honor kegiatan-kegiatan sekolah, insentif, dan tunjangan lain pendidik dan tenaga kependidikan
5. Anggaran untuk biaya pelaksanaan kegiatan dan kebutuhan di luar gaji/honor
6. Memungut infaq sekolah dan pungutan lain yang diperlukan
7. Adanya subsidi silang untuk membantu siswa kurang mampu.
8. Pengambilan keputusan untuk menarik atau tidak menarik biaya personal melibatkan berbagai pihak.
9. Pengelolaan dana dilakukan secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel.
10. Memiliki pedoman pengelolaan keuangan sebagai dasar penyusunan RKA-S
11. Dilaksanakan pembukuan biaya operasional
12. Pembuatan laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan disampaikan kepada stakeholder/span>
1. .......................
2. .......................
3. .......................
8
Penilaian Pendidikan 1. Guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian
2. Membuat teknik penilaian yang sesuai dengan pencapaian KD
3. Instrumen dan pedoman penilaian dikembangkan oleh guru
4. Melaksanakan berbagai teknik penilaian
5. Mengadakan pengolahan hasil penilaian
6. Mengembalikan hasil pekerjaan siswa disertai komentar
7. melaksanakan program remedial dan pengayaan
8. Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran pada akhir semester
9. Pelaporan hasil penilaian akhlak siswa pada akhir semester, dari guru di luar guru agama.
10. Pelaporan hasil penilaian kepribadian pada akhir semester, dari guru di luar guru kewarganegaraan.
11. Menyelenggarakan rapat koordinasi ulangan tengah semester, akhir semester, dan kenaikan kelas
12. Menyelenggarakan rapat untuk penentuan kriteria kenaikan kelas.
13. Penentuan nilai akhir seluruh mata pelajaran.
14. Laporan hasil penilaian setiap akhir semester kepada orang tua / wali siswa dalam bentuk buku laporan pendidikan (Rapor)
15. Melaporkan pencapaian hasil belajar siswa kepada Dinas Pendidikan Kota
16. Menentukan kelulusan siswa melalui rapat dewan guru
17. Menentukan nilai rata-rata sebagai kriteria kelulusan UASBN
18. Menentukan nilai minimal mata pelajaran sebagai kriteria kelulusan UASBN
19. Penerbitan dan penyerahan Surat Keterangan Hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (SKHUASBN).
20. Penyerahan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
21. Melaksanakan penerimaan siswa baru dengan menggunakan berbagai pertimbangan
1. Melaporkan pencapaian hasil belajar siswa kepada Dinas Pendidikan Kota
2. Menentukan kelulusan siswa melalui rapat dewan guru
3. Penerbitan dan penyerahan Surat Keterangan Hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (SKHUASBN)
4. Penyerahan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
5. Melaksanakan penerimaan siswa baru dengan menggunakan berbagai pertimbangan
 

About

Site Info

Text

SD Muhammadiyah 2 Kauman Copyright © 2009 Community is Designed by Hend's